Kiat Sukses Bisnis Online

Apasih bisnis online ?

Bisnis online adalah segala bentuk dan jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara online / melalui perantara internet. Setiap pelaku usaha yang sebagian kegiatannya ataupun semua aktivitas usahanaya dilakukan melalui internet, bisa dikatakan mereka menjalankan bisnis online.

Kegiatan bisnis online ini dapat meliputi kegiatan jual beli online, maupun menyediakan jasa secara online, dan banyak bentuk bisnis lainnya yang dapat kita temukan di online dalam berbagai bidang industri. Intinya, jika kalian memiliki suatu ide usaha atau bisnis maupun produk yang unik, kalian dapat langsung memulai menjualnya melalui media internet. Nah artinya, semua orang dimanapun dan kapanpun bisa saja memulai bisnis online.

Lalu apa saja sih bentuk kegiatan bisnis online yang bisa dilakukan ? Aktivitas bisnis online ini dapat diwujudkan dalam berbagai jenis (wujud tampilan di internet) seperti :
  1. Ditampilkan di Website
  2. Toko online atau marketplace
  3. Blog dan sejenisnya
  4. Akun sosial media (instagram, facebook hingga whatsapp)
Manfaat apa yang dapat kita peroleh ?


Ada banyak hal yang dapat kita pertimbangkan ketika akan memulai bisnis online atau menjual produk bisnis yang sudah ada melalui internet, terutama jika kalian bukan seseorang yang familiar dengan komputer, atau bahkan belum pernah membangun bisnis sebelumnya. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan diantaranya yakni:

  1. Hemat biaya sewa tempat dan karyawan
  2. Produknya fleksibel, bisa banyak macam
  3. Kemudahan akses lewat internet, kapan saja dan dari mana saja, 24 jam 7 hari seminggu
Nah kini kita mulai dengan apasih yang akan kita jual melalui internet atau bisnis online kita ? Setelah menemukan ide, jangan hanya menjadi sebuah konsep belaka. Lakukan lima hal berikut ini :
  1. Miliki pengetahuan atau pemikiran mengenai ide bisnis
  2. Mulai dengan jualan
  3. Buat toko online, bisa blog/website atau akun media sosial
  4. Promosi online. Promosikan melalui akun media sosial kalian
  5. Lakukan evaluasi dan pertimbangan dengan lingkungan terdekat
Jangan lupa, sertakan produk asli dalam setiap promosi kalian agar calon konsumen lebih percaya. Tawarkan beberapa kemudahan jika berbelanja di toko kalian, misal cara pembayaran, discount ataupun pengirimannya. Salah satu yang mudah dilakukan jika kalian pebisnis pemula, cantumkan contact person kalian agar orang mudah menghubungi jika membutuhkan. 

Contoh :

Sambel pecel fenomenal di Jawa Timur saat ini adalah sambel pecel "Mbah Bejo". Cantumkan CP dalam setiap posting produk sambel pecel beserta hastage. 
"Sambel Pecel Kekinian Khas Jawa Timur, sambel Mbah Bejo. Dapat dipesan melalui Whatsapp 082132264239 / 087858736999 atau berkunjung ke alamat produksi Dusun Sukorami Desa Rowomarto Kec Patianrowo Kab Nganjuk Jatim"


Komentar

Postingan Populer